Cara Menarik Komisi Shopee Affiliate ke ShopeePay & Rekening

Cara Menarik Komisi Shopee Affiliate ke ShopeePay & Rekening

Tanapy.com – Menjadi peserta dari program afiliasi merupakan langkah bagus untuk mencari tambahan pendapatan dari internet. Selain mendapatkan komisi tetap, peserta juga bisa mendapatkan komisi xtra dari toko yang memberikan tambahan komisi bagi peserta afiliasi yang mempromosikan produk mereka.

Lantas bagaimana cara mencairkan komisi yang telah diperoleh dari program Shopee Affiliate? Hal ini tentunya sudah diporgram secara rapi oleh pihak yang bersangkutan. Dari Shopee sendiri sudah menjelaskan skema pembayaran untuk peserta afiliasi yang dapat Anda baca di sini.

Pada halaman tersebut dijelaskan bahwa peserta afiliasi akan menerima pembayaran setelah melewati beberapa periode yaitu: Periode Pesanan -> Periode Komisi (validasi pesanan) -> Proses Pembayaran. Untuk proses pembayaran akan bayarkan dalam 9 hari kerja setiap hari kamis (skema per 1 oktober 2022).

Cara Menarik Komisi Shopee Affiliate ke ShopeePay & Rekening

Baca Juga:

1. Pahami Dahulu Skema Pembayaran Komisi Shopee Affiliate

Shopee mempunyai skema pembayaran untuk program affiliate. Dalam hal ini saya akan meringkas ke bagian intinya saja yaitu:

  1. Peserta yang memperoleh komisi di bawah Rp.1.000.000 pada periode pembayaran maka komisi akan dibayarkan melalui ShopeePay.
  2. Sedangkan peserta yang memperoleh komisi Rp.1.000.000 atau di atasnya pada periode pembayaran maka komisi akan dibayarkan melalui Transfer Bank.

Jadi komisi Anda akan secara otomatis dibayarkan oleh Shopee pada periode pembayaran, Anda hanya perlu melengkapi data-data agar pembayarannya dapat diproses. Nah sudah pada tahu kan? Mari kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

2. Melengkapi Data Informasi Pembayaran

Tahap pertama yang perlu dilakukan untuk dapat mencairkan komisi dari Shopee affiliate yaitu dengan melengkapi data informasi pembayaran terlebih dahulu. Halaman ini bisa kalian temui di halaman Shopee Affiliate Program tepat di bagian notifikasi bagian bawah (jika Anda belum pernah mengisi data pembayaran sebelumnya).

Adapun berkas yang perlu Anda siapkan untuk mengisi formulir tersebut di antaranya:

  • Email
  • No. Telp
  • No. Rekening
  • Bukti Kepemilikan Rekening
  • Foto KTP
  • Foto NPWP (opsional)

Pada bagian NPWP merupakan berkas opsioal, Anda boleh menambahkan, boleh tidak. Namun perlu diketahui, jika bagian NPWP tidak diisi maka potongan pajak dari setiap pembayaran komisi lebih tinggi yakni 20%.

Berikut cara melengkapi informasi pembayaran dan pajak Shopee Affiliate:

  • Langkah 1: Buka aplikasi Shopee
  • Langkah 2: Setelah itu tekan menu Saya -> masuk ke halaman Shopee Affiliate Program.
    cara menarik komisi shopee affiliate
  • langkah 3: Selanjutnya akan muncul notifikasi bertuliskan “Mohon lengkapi informasi Pembayaran….” silakan tekan Isi Sekarang.
    cara menarik komisi shopee affiliate
  • Langkah 4: Setelah itu silakan kalian isi data pada halaman Informasi Affiliate sesuai dengan data diri Anda. Khusus pada bagian Tipe Akun otomatis terisi sesuai dengan pilihan Anda pada saat mendaftar Shopee Affiliate Program.
    cara menarik komisi shopee affiliate
  • Langkah 5: Selanjutnya tambahkan Informasi Bank yang akan Anda gunakan untuk menerima komisi. Jika tidak memiliki buku kepemilikan kalian bisa menggunakan E-Statement sebagai gantinya.
    cara menarik komisi shopee affiliate
  • Langkah 6: Pada tahap terakhir Anda diminta untuk mengunggah foto depan KTP dan NPWP (opsional). Pastikan nama dan nomer yang dimintai sesuai dengan data diri Anda agar proses cepat diterima.
    cara menarik komisi shopee affiliate
Catatan: Jika belum mempunyai NPWP Anda bisa membuatnya terlebih dahulu secara online agar potongan pajak lebih sedikit. Sekedar mengingatkan bahwa potongan pajak 20% itu sangat besar.

Setelah semua selesai diisi Anda hanya perlu menekan tombol kirim lalu menunggu hingga pihak Shopee selesai memproses data-data tersebut. Berapa hari estimasi selesainya? Saya pribadi perlu waktu hingga 2-4 minggu untuk diterima.

3. Mengaktifkan Akun ShopeePay

Tahap terakhir yaitu mengaktifkan akun ShopeePay. Perlu dipahami terlebih dahulu bahwa untuk menerima komisi melalui ShopeePay tidak harus mengupgrade ShopeePay menjadi Plus. Namun jika kalian bisa mengupgradenya itu lebih baik karena kapasitas yang lebih longgar serta dapat digunakan untuk transaksi ke bank lain.

Berikut cara mengaktifkan ShopeePay:

  • Langkah 1: Buka aplikasi Shopee
  • Langkah 2: Setelah itu tekan menu Saya -> lalu di bagian ShopeePay tekan Aktivasi.
    cara menarik komisi shopee affiliate
  • Langkah 3: Selanjutnya masukkan nomer telepon yang masih aktif kemudian pilih cara untuk menerima kode OTP, misalnya Kirim ke WhatsApp.
    cara menarik komisi shopee affiliate
  • Langkah 4: Setelah itu masukkan kode yang kalian terima lalu pilih Lanjut.
    cara menarik komisi shopee affiliate
  • Langkah 5: Kemudian akan muncul notifikasi syarat dan ketentuan layanan dari ShopeePay. Silakan Ceklis lalu pilih Lanjutkan.
    cara menarik komisi shopee affiliate
  • Langkah 6: Terakhir silakan buat PIN dengan jumlah 6 digit angka yang mudah diingat. Usahakan menghindari kombinasi yang mudah ditebak seperti 123456.
  • Selesai, sekarang ShopeePay Anda sudah aktif dan siap menerima komisi dari Shopee Affiliate.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Yuk bagikan artikel ini ke teman atau sosial media kalian melalui tombol di bawah ini.

Content Creator

Menulis artikel adalah salah satu hobi yang saya miliki. Saya merasa senang jika tulisan saya dapat membantu orang dalam mencari informasi atau menyelesaikan masalahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *