Cara Menutup Toko di Shopee Permanen atau Sementara

Cara Menutup Toko di Shopee Permanen atau Sementara

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dunia teknologi semakin meningkat pesat. Hal yang biasa dilakukan seperti berbelanja ke pasar atau swalayan, kini dapat dilakukan dengan mudah hanya melalui smartphone.

Shopee merupakan salah satu aplikasi e-commerce yang dapat kita gunakan sebagai alat berbelanja secara online. Selain itu, di Shopee kita dapat membuat toko milik kita sendiri layaknya membuka toko di pasar pada umumnya.

Sebuah perkembangan yang mengagumkan ya. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah kita bisa menghapus toko yang telah kita buat di Shopee?

Saya menjawabnya, Bisa! Bukan hanya itu, kalian dapat meliburkan toko untuk sementara waktu apabila memang ada hal yang penting untuk dilakukan. Namun, fitur untuk meliburkan ini tidak semerta-merta langsung dapat digunakan. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar persyaratan untuk meliburkan toko terpenuhi.

Cara Menutup Toko di Shopee Permanen atau Sementara

Pada tutorial kali ini, Tanapy.com telah merangkum langkah-langkah menutup toko di Shopee baik secara permanen maupun sementara. Berikut penjelasan detailnya.

1. Menutup Toko Sementara

Yang pertama, kalian dapat memanfaatkan fitur Liburkan Toko yang telah disediakan oleh pihak Shopee untuk menutup toko. Namun perlu kamu ketahui, untuk dapat menggunakan fitur Toko Libur ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya;

Fitur Toko Libur tidak dapat diaktifkan jika produk terdaftar dalam:

  1. Promo Toko
  2. Flash Sale Shopee
  3. Flash Sale Toko Saya
  4. Promo Shopee
  5. dan Promo Voucher

Jika produk Anda terdaftar pada promosi yang disebutkan di atas, maka akan muncul pop-up yang menginformasikan Penjual bahwa Fitur Toko Libur tidak dapat diaktifkan.

Nah, apabila toko milikmu sudah tidak terdaftar dari kelima hal yang telah disebutkan, silakan ikuti panduan berikut untuk meliburkan toko:

Langkah 1 : Buka aplikasi Shopee di smartphone Android atau iOS milik kalian. Jika perlu, silakan untuk melakukan update guna mendapatkan versi terbaru.

Langkah 2 : Setelah aplikasi terbuka, pilih menu Saya kemudian ketuk Toko Saya yang berada di bagian atas.

cara menutup toko di shopee

Langkah 3 : Selanjutnya pada halaman Toko Saya, silakan ketuk tombol Pengaturan.

cara menutup toko di shopee

Langkah 4 : Setelah itu kamu hanya perlu mengaktifkan Fitur Toko Libur maka toko kamu akan otomatis off sampai kamu mengaktifkannya kembali.

cara menutup toko di shopee

1.2 Menambahkan Template Pesan Pemberitahuan Penutupan Toko

Supaya para pengunjung tahu bahwa kamu telah menutup tokonya, silakan kamu tambahkan Template Pesan otomatis.

Langkah 5 : Masih di dalam halaman Pengaturan Toko, selanjutnya buka menu Pengaturan Chat kemudian pilih Template Pesan.

cara menutup toko di shopee

Langkah 6 : Setelah itu, silakan kamu buka pesan otomatis bagian paling atas kemudian ganti kata-katanya seperti berikut: Toko Telah Ditutup Secara Permanen. Jika sudah, ketuk Simpan.

cara menutup toko di shopee

Langkah 7 : Jika belum diaktifkan, silakan aktifkan terlebih dahulu pada bagian Lihat Template Pesan di Chat.

cara menutup toko di shopee

Selesaii, dengan begini toko kamu di Shopee telah ditutup. Hal ini lebih aman menurut saya daripada dihapus secara permanen, karena siapa tau suatu saat ada pentingnya untuk dibuka kembali.

Jika kamu tidak ingin membuka tokonya lagi, maka toko tersebut tetap akan diliburkan kok. Artinya, ini mirip dengan menutup toko secara permanen. Hanya saja kita yang pegang kendali hehe.

2. Menghapus Akun Toko Permanen

Apabila kamu sudah tidak berinteraksi lagi dengan akun Shopee milikmu, maka kamu dapat menghapus akun beserta tokonya.

Mungkin kamu bertanya, “kak apa tidak bisa menghapus akun toko saja? Tidak bisa” karena satu akun sudah meliputi akun toko itu sendiri.

Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1 : Pertama, buka menu Saya kemudian pilih Pengaturan Akun – pilih Ajukan Penghapusan Akun – pilih OK.

cara hapus toko di shopee

Langkah 2 : Setelah itu silakan kamu pilih Lanjutkan lalu pilih metode yang kamu inginkan untuk menerima kode OTP, misalnya pilih Kirim ke WhatsApp.

cara hapus toko di shopee

Langkah 3 : Selanjutnya masukkan kode OTP yang telah kamu terima, kemudian setelah itu silakan isi form penghapusan akun seperti:

  • Alasan
  • Keterangan penghapusan
  • Alamat Email

Jika kamu bingung, kamu dapat mencontoh gambar di bawah ini. Selanjutnya Centang pada bagian Saya Setuju lalu pilih Kirim – pilih Konfirmasi.

cara hapus toko di shopee

Langkah 3 : Selesai, data pengajuan penghapusan akun milikmu sudah dikirim. Kamu hanya perlu menunggu hingga pengajuan tersebut disetujui.

Baca Juga:

Apabila pengajuanmu telah disetujui, maka secara otomatis kamu akan keluar dari akun tersebut dan pada saat bersamaan toko di dalam akun tersebut juga ikut terhapus. Untuk kembali menggunakan Shopee, silakan login menggunakan akun lain yang kamu miliki.

Nah, sampai di sini dulu pembahasan kali ini. Apabila artikel ini bermanfaat, silakan dibagikan ke teman atau sosial media kalian ya. Seee you next time!

Content Creator

Menulis artikel adalah salah satu hobi yang saya miliki. Saya merasa senang jika tulisan saya dapat membantu orang dalam mencari informasi atau menyelesaikan masalahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *