Cara Cepat Membuat Watermark di Canva untuk Kontenmu

Cara Cepat Membuat Watermark di Canva untuk Kontenmu

Permasalahan yang sering dihadapi oleh banyak desainer dan pemilik bisnis adalah menjaga keaslian dan keunikan konten visual mereka. Tanpa adanya perlindungan, karya-karya digital seperti foto, grafik, dan ilustrasi sangat rentan untuk disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Hal ini bisa berdampak negatif pada reputasi dan kredibilitas Anda sebagai pembuat konten dan membuat was-was setiap kali membagikan karya secara online. Bayangkan jika karya yang sudah dibuat dengan susah payah dicuri dan digunakan tanpa izin. Rasa frustasi dan kecewa pastinya akan muncul, serta kerugian yang tidak sedikit. Tidak hanya dari segi materi, tetapi juga dari segi waktu dan usaha yang telah Anda curahkan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini, yaitu dengan membuat watermark pada karya digital Anda. Salah satu cara yang paling mudah dan praktis adalah menggunakan Canva. Artikel ini akan membahas secara lengkap cara membuat watermark di Canva, sehingga Anda bisa melindungi karya Anda dengan mudah dan tetap menjaga tampilan profesionalnya.

Apa Itu Watermark

Watermark adalah gambar, teks, atau simbol yang ditempatkan pada gambar atau dokumen digital untuk menandai kepemilikan atau hak cipta. Biasanya transparan dan ditempatkan di sudut atau tengah gambar untuk mencegah penggunaan yang tidak sah atau untuk branding.

Cara Membuat Watermark di Canva

Baca Juga :

Sebelumnya pastikan Anda memiliki sebuah logo untuk dijadikan watermark pada foto atau video Anda. Jika belum, Anda bisa membaca artikel berikut : Cara Membuat Logo di PicsArt dengan Template.

Berikut caranya :

  1. Buka aplikasi Canva lalu buat desain baru.
  2. Selanjutnya tambahkan foto atau video yang ingin ditambahkan watermark. Pilih menu Unggahan -> pilih Unggah File lalu tambahkan foto atau video yang ingin diberi watermark.
    Cara Membuat Watermark di Canva
  3. Ulangi poin ke-2 untuk menambahkan logo. Pilih Unggah File lalu tambahkan logo yang Anda miliki.
  4. Setelah itu tinggal kita atur posisi logo supaya tidak menutupi gambar. Biasanya saya tempatkan di bagian tengah – bawah.
    Cara Membuat Watermark di Canva
  5. Jika dirasa logo menutupi gambar Anda bisa memberikan efek transpransi. Tekan logo -> pilih Transparansi lalu atur transparansi di angka 20 – 40.
    Cara Membuat Watermark di Canva
  6. Jika sudah selesai Anda bisa menyimpan desain ke perangkat Anda.

Perlu diingat, agar gambar tidak pecah atau buram pada saat disimpan pastikan ukuran desain yang Anda buat memiliki resolusi tinggi. Bagaimana cara mengetahuinya?

Mudah kok, begini contohnya:

  • Desain Persegi = buat dengan ukuran 1080 x 1080 piksel.
  • Desain Portrait = buat dengan ukuran 1920 x 1080 piksel.
  • Desain Landscape = buat dengan ukuran 1080 x 1920 piksel.

Jika ukuran desain yang Anda buat di bawah angka yang saya sebutkan, ada kemungkinan bisa menjadi buram atau pecah pada saat desain disimpan.

Semoga membantu.

Content Creator

Menulis artikel adalah salah satu hobi yang saya miliki. Saya merasa senang jika tulisan saya dapat membantu orang dalam mencari informasi atau menyelesaikan masalahnya.