Cara Membuat Desain Kalender Sendiri di Pixellab Lengkap

Cara Membuat Desain Kalender Sendiri di Pixellab Lengkap

Pada hari ini, teknologi memberikan banyak kemudahan dalam membuat konten kreatif. Salah satu aplikasi yang populer untuk mengedit gambar dan membuat desain adalah PixelLab. Selain fungsi-fungsi umum seperti mengedit gambar dan menambahkan teks, PixelLab juga dapat digunakan untuk membuat kalender yang indah.

Kalender adalah alat atau sistem yang digunakan untuk mengatur waktu dan menampilkan informasi tentang hari, minggu, bulan, dan tahun. Kalender membantu manusia dalam melacak waktu, menjadikannya lebih teratur, dan memungkinkan koordinasi aktivitas sehari-hari.

Ada beberapa alasan mengapa kita memakai kalender:

  • Mengatur waktu: Kalender membantu kita mengatur dan membagi waktu dalam periode yang teratur. Dengan menggunakan kalender, kita dapat melihat tanggal, hari, dan waktu dengan mudah, sehingga memudahkan dalam perencanaan aktivitas, jadwal pertemuan, acara penting, dan lain sebagainya.
  • Koordinasi dan komunikasi: Kalender menjadi alat yang penting untuk koordinasi dan komunikasi antara individu, keluarga, teman, dan kolega. Dengan membagikan jadwal pada kalender bersama, orang dapat melihat ketersediaan waktu orang lain dan menyelaraskan jadwal bersama untuk acara atau pertemuan yang diinginkan.
  • Mengingat peristiwa penting: Kalender membantu kita untuk tidak melewatkan peristiwa penting, seperti ulang tahun, hari libur, atau acara khusus lainnya. Dengan menandai tanggal tersebut pada kalender, kita dapat mengingat dan merencanakan perayaannya.
  • Mengikuti sistem waktu yang umum: Kalender digunakan secara luas di seluruh dunia untuk menyatukan sistem waktu. Hal ini memudahkan dalam berbagai kegiatan, termasuk bisnis, pendidikan, organisasi, dan koordinasi global pada umumnya.
  • Referensi masa lalu dan masa depan: Kalender juga berfungsi sebagai referensi untuk melacak masa lalu dan merencanakan masa depan. Dengan melihat tanggal dan informasi pada kalender, kita dapat mengetahui tanggal kejadian penting di masa lalu atau merencanakan aktivitas mendatang.

Dalam kesimpulannya, kalender digunakan untuk mengatur waktu agar supaya kita menjadi lebih teratur dan efisien dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Cara Membuat Kalender Sendiri Menggunakan Pixellab

Pada tutorial ini Tanapy.com akan memaparkan langkah-langkah membuat kalender menggunakan aplikasi Pixellab. Berikut adalah tutorial yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga:

1. Menyiapkan Template

Pertama kita perlu menyiapkan template kalender yang ingin dibuat. Tentunya template tersebut mengikuti tanggal dan tahun yang berlaku, misal sekarang tahun 2023 maka kita bisa mengunduh template tahun 2023.

Langkah 1: Buka aplikasi Chrome di smartphone kalian lalu kunjungi website id.pngtree.com kemudian ketik di kolom pencarian kata kunci berikut “Kalender 2023” (sesuaikan tahunnya dengan tahun sekarang).

cara membuat kalender di pixellab2

Langkah 2: Setelah itu pilih template kalender yang ingin Anda gunakan. Jika sudah, klik Unduh PNG -> pilih Unduh Biasa (jika belum berlangganan).

cara membuat kalender di pixellab

Untuk dapat mengunduh templatenya silakan login terlebih dahulu menggunakan akun Google milik Anda. Selain itu, pastikan Anda mengunduh template yang tidak memiliki latar belakang agar dapat digunakan dalam pengeditan di Pixellab.

Contoh template yang tidak memiliki latar belakang biasanya berwarna putih-abu di bagian background templatenya.

2. Menambahkan Kalender ke Pixellab

Setelah mendapatkan template kalender, kita bisa menambahkannya ke Pixellab dan memberi sedikit editan supaya terlihat unik.

Langkah 1: Buka aplikasi Pixellab di smartphone kalian. Apabila tampilan menunya tidak sama dengan tutorial di bawah, silakan update aplikasi Pixellab untuk mendapatkan versi terbaru.

Langkah 2: Setelah aplikasi terbuka, klik tombol tiga titik di kanan atas lalu pilih Image Size. Silakan atur ukuran artboard dengan panjang x lebar : 2490 x 3508.

cara membuat kalender di pixellab

Karena untuk dicetak maka kita menggunakan ukuran dengan resolusi tinggi agar supaya gambar tidak pecah setelah dicetak.

Langkah 3: Supaya desain yang dihasilkan terlihat estetik, kita bisa mengubah tampilan backgroundnya terlebih dahulu. Klik menu berbentuk segi empat lalu pilih Color -> pilih warna yang Anda sukai. Jika sudah klik centang untuk menerapkan perubahan.

cara membuat kalender di pixellab

Langkah 4: Selanjutnya kita akan menambahkan template kalender ke dalam desain. Pilih menu berbentuk segi enam -> pilih Import lalu tambahkan template kalender yang sudah diunduh sebelumnya.

Supaya gambar template tidak terpotong, klik tombol rentangkan pada saat penambahan gambar lalu klik centang.

cara membuat kalender di pixellab

Langkah 5: Setelah itu posisikan letak template kalendernya di bagian bawah seperti gambar berikut ini. Jika sudah, klik tool Shapes lalu tambahkan bentuk persegi kemudian posisikan di bagian atas template. Selanjutnya atur warna dan ketebalan bentuk sesuai selera masing-masing.

Pada tutorial ini saya menggunakan setingan dan warna sebagai berikut:

  • Fill -> Opacity: 35%
  • Fill color: Gradient
  • Yang lainnya biarkan default

cara membuat kalender di pixellab

Supaya letak bentuknya presisi, silakan gunakan tool Relative Position -> pilih yang tengah-atas.

cara membuat kalender di pixellab

Langkah 6: Selanjutnya Anda bisa menambahkan hiasan lainnya seperti tulisan, foto, stiker dan lain-lain di bagian atas template. Berikut adalah contoh hasil pada tutorial ini.

cara membuat kalender di pixellab

Beberapa tool yang saya gunakan untuk membuat desain tersebut diantaranya:

#1. Text

Untuk menambahkan teks pilh menu berlogo A -> pilih Text lalu tambahkan tulisan yang Anda inginkan. Untuk mendapatkan hasil yang unik Anda bisa mengganti font dengan font milik Anda sendiri. Caranya klik Font -> pilih My Font lalu tambahkan font yang sudah Anda siapkan.

cara membuat kalender di pixellab

Untuk Menambahkan warna di belakang tulisan, pilih tool Background -> pilih Enabled lalu atur setingan pada left, right, top, bottom padding sesuai keinginan. Kemudian atur bagian Radius untuk menghasilkan sudut yang melingkar

cara membuat kalender di pixellab

#2. Bezier

Hiasan lain yang saya gunakan yaitu dengan tool Bezier. Buka menu berbentuk segi enam lalu pilih Bezier kemudian lakukan setingan seperti berikut:

  • Warna: sesuai selera
  • stroke width: 4
  • opacity: 50%

Selanjutnya bekreasilah sesuai selera masing-masing. Sebagai contoh, letakkan bezier di bagian atas template kalender.

cara membuat kalender di pixellab

#3. Lingkaran

Seperti pada langkah sebelumnya, untuk menambahkan lingkaran silakan buka tool Shapes -> ubah bentuknya menjadi lingkaran. Setelah itu atur besar lingkaran sesuai keinginan kalian kemudian seting warna dan opacity untuk mendapatkan efek transparan.

cara membuat kalender di pixellab

Selanjutnya letakkan lingkaran di bagian atas kanan seperti pada contoh gambar di atas.

#4. Gambar

Nah yang terakhir yaitu menambahkan gambar sendiri, Anda bisa membuka tool berbentuk segi enam lalu pilih Import kemudian tambahkan gambar milik Anda. Supaya hasil gambarnya berbentuk lingkaran, silakan klik ikon lingkaran lalu sesuaikan posisi gambarnya.

cara membuat kalender di pixellab

3. Menyimpan Desain

Supaya hasil desain tidak pecah pada saat dicetak Anda bisa mengubah format gambarnya ke format png. Caranya, klik tombol save -> pilih Save as Image lalu ubah bagian format menjadi PNG kemudian pilih Save to Gallery.

cara membuat kalender di pixellab

Nah bagaimana, merasa terbantu dengan artikelnya? Yuk, dukung kita dengan cara membagikan artikel ini ke sosial media Anda melalui tombol share di bawah ini.

Content Creator

Menulis artikel adalah salah satu hobi yang saya miliki. Saya merasa senang jika tulisan saya dapat membantu orang dalam mencari informasi atau menyelesaikan masalahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *