Cara Membuat Stempel Sendiri dengan Aplikasi Pixellab

Cara Membuat Stempel Sendiri dengan Aplikasi Pixellab

Apakah Anda pernah berpikir untuk membuat stempel sendiri? Stempel adalah alat yang berguna dalam berbagai situasi, dari keperluan bisnis hingga kegiatan kreatif. Dengan memiliki stempel sendiri, Anda dapat menambahkan sentuhan personalisasi dan keunikan pada setiap halaman atau dokumen yang Anda tandatangani.

Membuat stempel sendiri memiliki beberapa keuntungan yang tidak dapat diabaikan. Pertama, dengan membuat stempel sendiri, Anda dapat memberikan sentuhan personalisasi pada setiap stempel yang Anda buat. Anda dapat menyesuaikan desain, teks, dan elemen-elemen visual lainnya sesuai dengan preferensi dan gaya pribadi Anda.

Selain itu, membuat stempel sendiri juga lebih hemat biaya. Dibandingkan dengan memesan stempel dari percetakan atau toko, membuat stempel sendiri dapat menghemat anggaran Anda. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli bahan-bahan pembuatan stempel, seperti bahan cetakan dan tinta, yang dapat digunakan berulang kali.

Cara Membuat Stempel Sendiri dengan Aplikasi Pixellab

Pada tutorial kali ini Tanapy.com akan membahas langkah-langkah membuat stempel di aplikasi Pixellab. Berikut adalah tutorial yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga:

1. Membuat Kerangka Stempel

Langkah 1: Buka aplikasi Pixellab di smartphone Anda, jika tampilan menunya tidak sama dengan tutorial di bawah ini silakan update aplikasi Pixellab Anda.

Langkah 2: Ganti background kanvas terlebih dahulu agar nyaman pada saat mendesain nanti. Caranya, klik menu berbentuk segi empat lalu pilih Color -> Color kemudian pilih warna putih.

cara membuat stempel di pixellab

Langkah 3: Selanjutnya kita bisa membuat kerangka stempelnya dengan tool shapes. Caranya, buka menu berbentuk segi enam lalu pilih tool Shapes kemudian ganti bentuknya dari kotak menjadi lingkaran.

cara membuat stempel di pixellab

Langklah 4: Setelah itu ubah warna bentuknya di bagian Strike Color sesuai kebutuhan Anda. Lalu di bagian Fill -> Opacity ubah persentasenya menjadi 0 kemudian Stroke Width naikkan angkanya menjadi 5.

cara membuat stempel di pixellab

Langkah 5: Selanjutnya atur ukuran lingkaran hingga dirasa sudah sesuai dengan ukuran stempel pada umumnya. Lalu, copy atau salin lingkaran tersebut kemudian perkecil sedikit ukurannya setelah itu letakkan tepat di bagian dalam seperti gambar berikut.

cara membuat stempel di pixellab

Langkah 6: Sama seperti sebelumnya, silakan Anda copy salah satu lingkaran lalu perkecil ukurannya hingga dirasa cukup untuk menaruh nama Anda. Kurang lebih ukurannya seperti gambar di bawah ini.

cara membuat stempel di pixellab

Jika ketebalan garis terlalu tipis, Anda bisa klik Edit lalu atur Stroke Width-nya menjadi 10. Klik centang untuk menyimpan perubahan.

cara membuat stempel di pixellab

Catatan: untuk merapikan lingkaran supaya simetris di tengah, gunakan tool Relative Position lalu klik 2x di bagian tengah (atas dan bawah).

Langkah 7: Terakhir, buka menu Shapes lalu tambahkan shape berbentuk persegi kemudian di bagian Fill -> Opacity ubah persentasenya menjadi 0 lalu untuk Stroke Width ubah menjadi 10. Setelah itu samakan warna Stroke Color dengan warna sebelumnya.

cara membuat stempel di pixellab

Langkah 8: Selanjutnya silakan Anda simetriskan dulu letak perseginya di bagian tengah. Jika sudah klik tool Crop lalu potong bagian pinggir persegi.

cara membuat stempel di pixellab

Setelah itu sesuaikan lagi letak dan ukuran bentuk perseginya hingga rapi seperti gambar di bawah ini. Jangan lupa untuk menggunakan tool Relative Position supaya bentuk terlihat simetris. Pembuatan kerangka stempel sudah selesai.

cara membuat stempel di pixellab

2. Menambahkan Teks Stempel

Selanjutnya adalah tahap menambahkan teks (nama toko, perusahaan, dan semisalnya) di bagian sela – sela kerangka. Berikut adalah tutorial yang bisa Anda ikuti.

Langkah 1: Klik menu berlogo A -> pilih Text lalu tambahkah teks sesuai kebutuhan Anda. Pada penulisan ini pastikan Anda menggunakan huruf kapital.

cara membuat stempel di pixellab

Langkah 2: Setelah itu pilih Size lalu sesuaikan ukuran font dengan ukuran stempel Anda. Kemudian buka Curve lalu sesuaikan persentasenya hingga mendapatkan posisi lengkung yang pas. Klik centang untuk menerapkan perubahan.

cara membuat stempel di pixellab

Langkah 3: Selanjutnya sama, silakan Anda copy atau salin teks sebelumnya lalu ganti kalimatnya kemudian atur Curve-nya hingga mendapatkan posisi lengkung yang pas.

cara membuat stempel di pixellab

Langkah 4: Setelah itu, tambahkan teks untuk nama brand Anda lalu letakkan teks tersebut di bagian tengah. Jika teks terlalu panjang, silakan Anda perkecil areanya dengan menggeser lingkaran putih ke arah teks kemudian klik Align -> pilih tengah.

cara membuat stempel di pixellab

Terakhir, jangan lupa untuk selalu memakai tool relative position untuk mendapatkan posisi yang simetris baik untuk kerangka maupun teksnya.

3. Menambahkan Hiasan Bintang

Supaya stempel tidak terlihat monot0n, Anda dapat menambahkan hiasan seperti gambar bintang. Caranya, buka menu Shapes -> pilih bentuk bintang lalu ubah Fill Color menjadi hitam. Setelah itu sesuaikan ukuran bintangnya lalu letakkan di bagian kanan kerangka (salin bintangnya untuk diletakkan di bagian kiri).

cara membuat stempel di pixellab

4. Menyimpan dengan Background Transparan

Terakhir yang tidak kalah penting yaitu mengubah latar belakang desain menjadi transparan. Caranya, buka menu berbentuk segi empat lalu klik Transparent.

cara membuat stempel di pixellab

Kemudian klik save -> Save as Image lalu ubah format menjadi PNG -> pilih Save to Gallery.

cara membuat stempel di pixellab

Nah bagaimana, merasa terbantu dengan artikelnya? Yuk, dukung kita dengan cara membagikan artikel ini ke sosial media Anda melalui tombol share di bawah ini.

Content Creator

Menulis artikel adalah salah satu hobi yang saya miliki. Saya merasa senang jika tulisan saya dapat membantu orang dalam mencari informasi atau menyelesaikan masalahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *